Aplikasi Anti Maling Untuk Laptop

Keberadaan laptop sangat penting bagi siapapun karena kemampuannya mengolah dan menyimpan data dengan praktis. Kini laptop sudah menjadi hal biasa. Sudah banyak model-model keluaran terbaru dari berbagai vendor, sayangnya fenomena laris-manisnya penggunaan laptop di masyarakat dan harganya yang cukup menggiurkan, menimbulkan motivasi jahat orang tertentu untuk melakukan pencurian terhadap gadget yang yang satu ini.

Apa jadinya ketika laptop Anda hilang? Tentu menjadi masalah besar. Bermacam dokumen seperti foto, musik, film, data-data penting, tugas kuliah, skripsi, dokumen bisnis, dokumen negara, dokumen rahasia dan berbagai dokumen lain juga turut hilang.

Beberapa waktu lalu mengutip dari BBC News, bahwa Joshua Kaufman seorang designer di California berhasil menemukan laptop pribadinya kembali dengan selamat berkat bantuan aplikasi bernama Hidden milik MAC yang sudah terpasang di laptop pribadinya. Aplikasi Hidden dapat melacak keberadaan laptop. Aplikasi tersebut bisa merekam foto dari pencuri, screenshot layar laptop, jaringan dan tempat lokasi. Hal serupa juga dialami oleh Sean Power seorang aktor Amerika, berkat aplikasi Prey mampu menemukan kembali laptop MacBook Pro yang sempat hilang setelah dicuri. Dengan Prey dia mampu mengumpulkan data lokasi dan foto. Laptop kini sudah kembali tanpa ada masalah.

Di internet ada banyak pilihan aplikasi pelacak laptop, beberapa di antaranya ada yang hanya berjalan di sistem operasi tertentu, ada juga yang cross-platform. Dari segi lisensi, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Beberapa aplikasi yang sering digunakan antara lain: Prey, Hidden, GadgetTrak, LoJack dan LockIT Tight. Aplikasi Prey, mungkin pilihan tepat dan bijak bagi Anda untuk berjaga-jaga jika suatu hari laptop dicuri. Tenang saja meskipun berbayar, pihaknya juga menyediakan versi gratis.

Aplikasi Prey merupakan media untuk melacak lokasi laptop yang telah dicuri, dengan ini setidaknya mengurangi angka pencurian laptop yang marak terjadi terutama di kalangan kos-kosan mahasiswa. Sebelum aplikasi ini diunduh dengan mengunjungi alamat http://preyproject.com/download jangan lupa tentukan sistem operasi apa yang digunakan. Prey juga mendukung banyak platform sistem operasi, tidak hanya Windows tetapi juga MAC, Linux, dan Android (smartphone). Setelah selesai memasang aplikasi Prey ke laptop, maka secara otomatis di saat laptop hilang dan dioperasikan oleh pencuri. Kita dapat melacak keberadaan laptop. Sayangnya apabila laptop hanya digunakan di rumah pribadi yang tidak terkoneksi ke jaringan LAN/Wi-Fi/internet maka laptop tersebut tidak akan terdeteksi. Namun jika pencuri ternyata orang yang senang mengakses internet maka di saat melakukan koneksi internet aplikasi anti maling akan mengirimkan data IP ke server control panel Prey, sehingga membantu menentukan lokasi pencuri berada.

Selain itu aplikasi tersebut juga mempunyai fitur mengambil foto, jadi jika di laptop telah terintegrasi dengan kamera atau WebCam, (biasanya ada di bagian atas layar komputer) maka pelaku pencuri dapat terekam gambarnya. Jika ternyata pencuri maniak internet maka dengan menggunakan software deteksi wajah bisa melacak nama, Facebook atau akun apa saja yang ter-capture di layar. Sehingga dengan mudah kita dapat mengetahui wajah, nama, alamat dan data pribadi lainnya tanpa perlu melapor ke dukun atau polisi.

Aplikasi Prey bisa digunakan gratis dan bersifat open source. Sehingga bagi yang suka dengan pemrograman bisa belajar dari kode-kode program tersebut, bahkan mungkin suatu saat bisa mengembangkan aplikasi anti maling yang lebih kompleks fitur di dalamnya.

Aplikasi Prey dapat dipasang ke laptop jika tersambung ke jaringan internet. Karena prinsip dasar kerja aplikasi ini adalah saat Anda memasang atau menginstal ke laptop, secara otomatis saat itu juga Anda membuat akun di data base atau control panel server aplikasi Prey. Selanjutnya harus melakukan verifikasi sesuai dengan data alamat email yang diisi saat instalasi aplikasi Prey, jangan dilupakan juga password bila perlu catat dan simpan dengan baik. Pada saat laptop hilang, silakan akses control panel Prey dengan membuka alamat http://panel.preyproject.com/ login dengan alamat dan password saat pertama install, pada opsi “Device is marked as missing” isi dengan pilhan ‘Yes’ yang menginformasikan bahwa memang benar laptop Anda hilang. Maka secara berkala laporan akan dikirimkan ke alamat email Anda. Dengan begitu dengan mudah kita dapat menangkap pencuri laptop karena data, foto, lokasi, IP dan peta secara detail terkirim ke alamat email kita. Penulis sudah membuktikan dan hasilnya memuaskan, mudah-mudahan bermanfaat. Semoga.

0 komentar:

 
Acid Abidin © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score