Membuat Hotspot Pribadi di Rumah

Saat ini perkembangan internet di Indonesia mulai membaik jika dibandingkan dulu walaupun masih tertinggal jauh dengan negara-negara maju. Berbagai layanan ditawarkan dimulai dari internet kabel hingga internet nirkabel. Begitu juga dengan paket yang ada dimulai dari harian, hingga bulanan dengan penawaran kuota atau unlimited. Berbagai perkembangan modem, jejaring sosial, komputer tablet, smartphone dan tuntutan pekerjaan membuat internet menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat modern.


Jaringan internet hampir ada di mana-mana, Campus, kantor, Café, Mall, Bandara dan sebagainya. Lantas bagaimana jika kebetulan di rumah hanya ada satu perangkat internet dan keluarga yang lain dapat menikmatinya secara bersamaan? Caranya cukup mudah, ini juga cocok bagi mahasiswa yang tinggal di kos-kosan karena dapat menghemat pengeluaran dan dapat membantu mengerjakan tugas kuliah tanpa harus pergi ke warung internet. Istilah mudahnya adalah dengan membuat hotspot pribadi di rumah.

Yang dibutuhkan adalah akses internet kencang dan laptop atau komputer yang mendukung wireless. Walaupun hanya menggunakan modem namun jika kecepatan dan paket data menjanjikan untuk dibagi tidak masalah. Prinsip dasarnya adalah, bahwa semakin banyak pengguna internet maka jaringan internet akan semakin melambat. Karena ini dikhususkan untuk keluarga atau kos-kosan, dirasa sesuai selama dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Sehingga tidak perlu setiap anggota keluarga yang ingin menikmati akses internet membeli perangkat modem satu-satu. Tidak hanya itu, seiring dengan perkembangan gadget dan smartphone canggih dapat pula mengakses jaringan internet tersebut, terlebih gadget tersebut biasanya data transfer internet yang dibutuhkan sangat kecil. Dengan begitu akan lebih hemat bukan?.




Cara setting atau membuat hotspot pribadi di rumah tidaklah susah. Bahkan pengguna awal pun dapat mengikuti langkahnya step by step yang akan saya jelaskan. Yang pertama koneksikan terlebih dahulu laptop dengan internet, setelah itu hidupkan wireless laptop. Kemudian buka control panel dan pilih sub menu “View network status and tasks” pada menu network and internet. Kemudian pilih “Set up a new connection or network” scroll ke bawah dan klik pada pilihan paling bawah “Set up a wireless ad hoc” jika sudah silakan klik next. Pada menu selanjutnya akan diarahkan memberikan nama jaringan hotspot pada pilihan “Network name” silakan isi nama jaringan hotspot, sedangkan form “Security key” adalah kunci bagi siapapun yang akan mengakses jaringan internet hotspot tersebut. Lebih baik dikunci agar jaringan internet hanya dapat dinikmati keluarga karena prinsip dasar tersebut di atas bahwa semakin banyak pengguna internet maka jaringan internet akan semakin melambat. Jangan lupa berikan tanda centang pada opsi “Save this network” jika dikemudian hari ingin menggunakannya kembali tanpa harus mengulangi langkah dari awal pembuatan jaringan ad hoc. Langkah terakhir adalah klik opsi “Turn on internet connection sharing”. Sampai disini jaringan hotspot sudah selesai, bagi yang ingin dapat menikmati akses internet dari laptop silakan lakukan cara yang sama seperti biasanya saat akses internet di Café atau Campus.

Jaringan internet hotspot ini memberikan kemudahan berinternet dengan leluasa di rumah, karena dapat mengaksesnya tanpa terhalang dan ribet dengan kabel LAN. Untuk home group dapat dan cocok juga digunakan di perkantoran seperti mencetak dokumen tanpa harus beranjak dari tempat duduk cukup gunakan jaringan wireless dan berbagi data dari komputer satu dengan komputer lain tidak hanya berbagi jaringan internet saja, dengan begitu hidup akan terasa lebih hidup. Untuk percobaan saya sudah mencobanya di sistem operasi berbasis Windows 7, barangkali untuk versi sistem operasi di bawah Windows 7 tidak terlalu berbeda cara konfigurasinya. Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat. Amin.

0 komentar:

 
Acid Abidin © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score