Mencicipi Windows 8


Seperti pada sistem operasi Windows sebelumnya, Microsoft memperbolehkan masyarakat untuk mengunduh dan mencoba versi beta sebelum akhirnya dirilis resmi. Begitu juga dengan Windows 8. Namun ada hal yang menarik di sistem terbaru ini.


Awalnya Microsoft tidak mengizinkan masyarakat luas untuk mendownload Windows 8 pra beta ini kecuali developer yang sengaja diundang untuk mencoba dan bekerja sama serta mengembangkannya, dengan tujuan tentu agar produk mereka support nantinya.
Tetapi sekarang Microsoft sudah membuka secara luas bagi siapa saja yang ingin mengunduh dan mencicipi sistem ini secara gratis sejak 13 September 2011 pukul 8 malam waktu setempat. Pihaknya memasang posting link unduh Windows 8 dalam konferensi BUILD yang digelar di Anaheim, California, Selasa (13/9).

Terdapat tiga file dengan format ISO halaman pengunduhan yang disediakan, antara lain Windows Developer Preview with developer tools English, 64-bit (x64) (4.8 GB), Windows Developer Preview English, 64-bit (x64) (3.6 GB) dan Windows Developer Preview English, 32-bit (x86) (2.8 GB).

Bagi yang ingin mengunduhnya Windows 8 dapat langsung klik disini. Syarat minimal hardware yang harus dipenuhi adalah, untuk Windows 8 x64 (64 bit) spesifikasi minimal adalah prosesor 1 GHz, RAM 2 GB dan kapasitas penyimpanan 20 GB.




Sementara untuk x86 (32 bit), dibutuhkan prosesor 1 GHz, RAM 1 GB dengan kapasitas simpan 16 GB. Ketiganya dibutuhkan DirectX 9 compliant GPU dengan WDDM 1.0 atau driver lebih tinggi. Jika memilih versi dengan "developer tools", pengguna hanya bisa melakukan clean install.

Jika Anda memilih yang lain, kita bisa melakukan upgrade dari Windows Vista, atau Windows 7. Setelah mengunduh kita dapat bakar file tersebut ke DVD atau gunakan flash disk untuk instalasi. Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows Vista dan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC.

Bukan Konsep Baru
Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom pun dengan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.

Yang perlu diingat, sistem ini mungkin saja tidak stabil, tidak beroperasi secara benar atau tidak bekerja selayaknya versi finalnya nanti sesuai dengan catatan dari Microsoft yang ada di halaman pengunduhan.

Windows 8 sendiri Rencananya akan resmi dirilis pada tahun 2012 jika tidak ada halangan dan tidak diundur. Simpang siur tentang kabar rilisnya di internet akhirnya terjawab, hal ini sudah dikonfirmasi oleh CEO Microsoft Steve Ballmer di New York.
Konsep dan interface Windows 8 sebenarnya bukan konsep baru, sebelumnya juga sudah diterapkan di Windows Phone 7. Nama kode interface Windows 8 adalah Metro. Windows 8 menawarkan dua versi, user dapat menentukan sendiri tampilan yang ingin digunakan dengan dua pilihan desktop atau tablet.

Beberapa yang membedakan Windows 7 dengan Windows 8 diantaranya adalah proses hibernate, boot up (start up) diklaim 50% lebih cepat, Copy file menyediakan fitur pause, Menu explorer lebih banyak seperti ribbon pada Office 2007, Mounting file ISO tanpa perlu instalasi virtual software, 3D display (hardware support), Support USB 3, Internet Explorer 10, dan Windows Media Center.

Nama dagang dengan embel-embel Windows disinyalir memiliki kekuatan magic dan mampu mendongkrak penjualan produk Microsoft, terbukti saat menggunakan nama Vista penjualan Microsoft turun drastis bahkan secara ekstrim disebut-sebut Vista adalah produk gagal.

Bisa jadi hal tersebut disebabkan banyaknya kekurangan yang selanjutnya disempurnakan oleh Windows 7. Tak heran jika sistem operasi berikutnya bernama Windows 8.

Di era tren komputer tablet sekarang ini, gempuran iPad dan disusul oleh beberapa vendor dengan sistem Android membuat Microsoft akhirnya memutuskan di sistem barunya ini support untuk semua tablet PC, bahkan disediakan pula versi desktop bagi yang terbiasa menggunakan PC.

Pihaknya menyatakan siap berkompetisi di tahun 2012 mendatang. Sebagaimana diketahui, Microsoft menguasai sistem operasi komputer paling besar. Apakah dengan menggabungkan versi desktop dan tablet dapat terus eksis? kita lihat saja.

0 komentar:

 
Acid Abidin © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score