Solusi Flash Disk Gagal Format

Dulu disket merupakan media simpan terfavorit di zamannya, di samping harganya yang murah hanya lima ratus rupiah saja, disket juga banyak peminatnya terutama bagi teknisi komputer untuk menginstal sistem DOS. Sayangnya disket rentan dengan serangan virus juga kapasitas memorinya yang terlalu kecil hanya 1,4 Mb (disket 3,5 inci), menjadikan disket ditinggalkan oleh pengguna komputer dan beralih ke media simpan yang bernama flash disk.

Ilustrasi Gambar Flash Disk Unik

Saat ini, siapa yang tidak mengenal dengan flash disk? Hampir semua orang yang memiliki laptop atau komputer memilikinya, bukan hanya satu bahkan dua atau lebih dengan beraneka ragam alasan kepemilikan. Nampaknya flash disk sudah menggantikan posisi disket, tidak tanggung-tanggung sampai tulisan ini dibuat sudah ada flash disk dengan kapasitas memori terbesar di dunia yaitu 256 GB diraih oleh Kingston DataTraveler 300. Nampaknya flash disk sudah menjadi trend digital saat ini.

Dengan kemajuan teknologi dan informasi, banyak perusahaan yang mengeluarkan berbagai jenis merek flash disk dengan harga relatif murah dan kapasitas memori yang beragam. Bentuknya pun lucu-lucu dan unik. Sampai ada bentuk flash disk yang menyerupai kelamin laki-laki. Sayangnya, perkembangan flash disk nampaknya diboncengi juga oleh perkembangan virus yang dapat mengancam pengguna flash disk setiap saat. Tidak hanya virus luar negeri, virus lokal buatan dalam negeri yang banyak lolos dan gagal scan oleh antivirus pun menjamur. Masih ingat dengan nama virus “brontok” yang sempat membuat banyak pengguna komputer saat itu paranoid dan stres? Bagaimana tidak, meskipun itu virus lokal kemampuannya mampu membuat komputer bekerja super lambat. Hal tersebut karena virus brontok bekerja dengan cara menggandakan diri dalam bentuk folder di setiap root sistem atau direktori sebanyak-banyaknya, selain itu juga membebani memori komputer, hasilnya dapat ditebak kinerja komputer jadi sangat lambat.




Dalam penggunaan flash disk tentu tidak selalu berjalan mulus bukan? Suatu saat pasti akan mengalami error sistem. Baik itu error tidak dapat meng-copy file, kena virus, atau yang lebih ekstrim flash disk tidak dapat diformat dengan kapasitas memori 0 (nol) KB. Jika itu terjadi jangan panik atau membeli flash disk baru. Selain boros terlebih jika ada data penting di dalamnya. Solusinya adalah dengan memformat paksa flash disk, untuk data pentingnya cukup direcovery saja. Format ulang flash disk pada situasi normal dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu explorer klik kanan drive lokasi flash disk dan pilih menu format, namun tidak demikian pada flash disk yang disebabkan oleh error sistem, melakukan format harus dengan banyak cara jika mengalami kegagalan sampai akhirnya berhasil diformat. Satu di antara cara tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi.

Penyebab flash disk gagal diformat banyak faktor yang mempengaruhi, bisa karena virus yang membuat akses proteksi pada flash disk, bad sector karena tidak direject saat mencabut flash disk dari komputer, tiba-tiba listrik padam, penggunaan terlalu lama di komputer karena idealnya setelah flash disk selesai digunakan segera cabut dari komputer hal tersebut dapat mencega kehilangan flash disk karena faktor lupa, terjatuh atau bahkan tercelup air.

Dengan aplikasi “USB Format”, flash disk yang semula sulit diformat dengan cara biasa dapat diformat paksa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi USB format selain kapasitasnya kecil hanya 37 KB saja dalam penggunaannya pun tergolong mudah karena cukup dobel klik tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu ke dalam komputer atau yang umum disebut dengan aplikasi portable. Aplikasi ini gratis dapat dicopy dan dibagikan kepada siapapun yang membutuhkan dan mengalami masalah yang sama. Yang tertarik dan ingin mencobanya dapat mengunduh aplikasi ini dengan mengunjungi alamat berikut ini http://www.mediafire.com/download.php?b63i91icuqspvd4 Bagi yang menggunakan sistem operasi windows Vista dan 7 cara menggunakannya klik kanan terlebih dahulu pada aplikasi USB Format kemudian pilih opsi “Run as Administrator” dan ikuti petunjuk berikutnya seperti format biasa. Dengan ini semoga pembaca yang mengalami flash disk gagal format dapat membantu, karena penulis sering menggunakan aplikasi ini untuk membantu teman-teman yang mengalami flash disk gagal format. Selamat mencoba semoga berhasil dan bermanfaat.

0 komentar:

 
Acid Abidin © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score